tulisan

Assalamu'alaikum Kawan-Kawan

Rabu, 24 September 2014

CIVIL ENGINEERING.... AMAZING!!!

     kalau ditanya masalah perkembangan dan kemajuan pembangunan dan transportasi di negara kita maka itu semua sangat erat kaitannya dengan jurusan di perkuliahan.. yakni Teknik Sipil. Jurusan yang sudah berkontribusi banyak dalam mengembangkan negara ini menjadi sebuah negara yang akhirnya memiliki banyak sarana yang mempermudah masyarakat dalam beraktivitas dalam kehidupannya sehari-hari.


    di sini saya jelasin dulu teknik sipil itu apa dan tidak lupa adalah teknik sipil yang ada di Universitas Muhammadiyah Malang.

   dari segi pengertian :
Teknik sipil adalah salah satu cabang ilmu teknik yang mempelajari tentang bagaimana merancang, membangun, merenovasi tidak hanya gedung dan infrastruktur, tetapi juga mencakup lingkungan untuk kemaslahatan hidup manusia.
Teknik sipil mempunyai ruang lingkup yang luas, di dalamnya pengetahuan matematika, fisika, kimia, biologi, geologi, lingkungan hingga komputer mempunyai peranannya masing-masing. Teknik sipil dikembangkan sejalan dengan tingkat kebutuhan manusia dan pergerakannya, hingga bisa dikatakan ilmu ini bisa mengubah sebuah hutan menjadi kota besar.

beberapa pekerjaan bagi lulusan teknik sipil yaitu :

1.Konsultan dan/atau Kontraktor konstruksi bangunan
2. Oil and Gas 
3. Mining/pertambangan
4. Manufaktur
dan lain-lain 
kemudian dari kampus UMM sendiri telah banyak prestasi yang telah ditorehkan oleh jurusan teknik sipil yaitu
1. Juara pertama  kategori jembatan baja, Kontes Jembatan Indonesia (KJI)
2. Kompetisi Jembatan Indonesia (KJI) ke-V Tahun 2009 Juara I Katagori Jembatan Baja
3. Kontes Bangunan Gedung Indonesia (KBGI) ke - I Tahun 2009 Juara Katagori Kecepatan Tk. Nasional

 kemudian berikut fasilitas dari Teknik Sipil UMM :
1.    Laboratorium Fisika
2.    Laboratorium Jalan Raya dan Transportasi
3.    Laboratorium Hidrolika
4.    Laboratorium Ilmu Ukur Tanah (Geodesi)
5.    Laboratorium Teknologi Beton dan Struktur
6.    Laboratorium Mekanika Tanah 
7.    Laboratorium Gambar (AUTOCAD) 
8.    Laboratorium Pusat Komputasi Aplikasi Teknik Sipil
Laboratorium tersebut sudah dilengkapi dengan peralatan laboratorium yang memenuhi standar kebutuhan untuk praktikum sesuai aturan DIRJEN DIKTI. Selain berfungsi sebagai kegiatan praktikum untuk mahasiswa, laboratorium tersebut juga telah difungsikan untuk melakukan riset dosen dan mahasiswa baik dari dalam maupun luar UMM serta berfungsi juga sebagai pusat pelayanan dan jasa pengujian dibidang konstruksi bagi praktisi.
Pusat Komputasi Aplikasi Teknik Sipil difungsikan untuk memenuhi kebutuhan dunia kerja dan peningkatan daya saing lulusan teknik sipil dalam pengetahuan aplikasi komputer dimana pusat komputasi tersebut sudah dilengkapi dengan software-software terapan bidang ketekniksipilan yang berlisensi, antara lain ; AUTOCAD, STAAD-Pro, Microsoft Project, Water-Net, Geo-Slope dan lain
 banyak banget kelebihan dan keunggulan dari teknik sipil. So, Mari mendukung sipil menjadi jurusan nomor 1 Amiin....

sumber : sipil umm teknik sipil 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar